ANALISIS UNSUR INSTRINSIK
KISAH CINTA,PERSAHABATAN DAN SEORANG
WANITA YANG TENGAH MENANTI KESIAPAN BATIN UNTUK MENUTUP AURATNYA
DALAM NOVEL SANG PENGUJI HATI
KARYA YUYUN PERMANASARI UTAMI
Disusun
Untuk memenuhi tugas akhir
Pembelajaran bahasa indonesia dan
satra indonesia
Kelas XII program IPS 4 SMA Negeri 1
pecangaan Jepara
STahun pelajaran 2016/2017
Oleh:
Nama: Putri Ati Rizkiyani
NIS
: 7669
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMA NEGERI 1 PECANGAANJEPARA
2016
PERSETUJUAN PEMBIMBING
Laporan
analisis unsur instrinsik Novel " Sang Penguji Hati karya Yuyun Permana
Sari Utami" yang disusun oleh:
nama : Putri Ati Rizkiyani
NIS : 7669
kelas/program : XII IPS 4
tahun
pelajaran : 2016/2017
telah di
setujui oleh pembimbing untuk di presentasikan,direvisi dan di nilai oleh guru
mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Jepara,15 Oktober 2016
Mengetahui,
Kepala
sekolah,
Guru pembimbing,
Drs.NOOR
KHOLIQ,M.pd
Drs.DASIMAN ADNAN,M.pd
Pembina
NIP.19660301 199903 1 003
PERNYATAAN KEASLIAN
Yang
bertanda tangan dibawah ini,saya:
nama :Putri Ati Rizkiyani
NIS : 7669
kelas/program : XII IPS 4
tahun
pelajaran : 2016/2017
Menyatakan
bahwa yang tertulis didalam laporan analisis unsur instrinsik novel "ini
benar benar asli hasil karya saya sendiri,bukan jiplakan dari karya orang lain
baik sebagian maupun seluruhnya.pendapat atau temuan yang terdapat dalam
analisis novel ini dikutip atau dirujuk berdasarkan
kode etik ilmiah".
Jepara,15 Oktober 2016
Saya,
PUTRI ATI RIZKIYANI
PRAKATA
Puji syukur
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya saya dapat
menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Pada
dasarnya makalah yang berjudul “Analisis Unsur
Instrinsik dalam Novel Sang Penguji Hati" dibuat dengan tujuan untuk
mengembangkan kreativitas pembaca dalam menulis dan meningkatkan pengetahuan
bagi pembaca serta untuk memenuhi tugas dari mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Pada
kesempatan ini saya selaku penulis makalah ingin mengucapkan terima kasih
kepada :
1.
Bapak Drs. Noor Kholiq,M.pd selaku
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pecangaan
2. Bapak
Drs. Dasiman Adnan,M.pd sebagai Guru Pembimbing Bahasa Indonesia
3. Pihak
Perpustakaan yang telah membantu dalam proses pembuatan makalah
4. Teman-teman
yang telah mendukung dan ikut memotivasi dalam menyelesaikan makalah ini
Makalah ini
masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan kritik dan
saran yang bersifat membangun.
Penulis
DAFTAR ISI
Judul ........................................................................................................................................ 1
Persetujuan pembimbing ........................................................................................................ 2
Pernyataan keaslian ................................................................................................................ 3
Prakata .................................................................................................................................... 4
Daftar Isi .................................................................................................................................. 5
Bab 1 Pendahuluan ................................................................................................................. 6
A.Latar belakang masalah ................................................................................................. 6
B.Identifikasi masalah ........................................................................................................ 7
C.Pembatasan makalah ..................................................................................................... 7
D.Rumusan masalah .......................................................................................................... 7
E.Tujuan penulisan ............................................................................................................. 7
F.Manfaat ........................................................................................................................... 8
G.Sistematika pembahasan ................................................................................................ 8
Bab II Pembahasan .................................................................................................................. 9
A.Novel ................................................................................................................................ 9
B.Unsur instrinsik ................................................................................................................ 10
Bab III Hasil dan Pembahasan ................................................................................................. 12
A.Sinopsis novel Sang Penguji Hati ....................................................................................... 12
B.Unsur instrinsik Novel ........................................................................................................ 12
Bab IV Penutup ........................................................................................................................ 14
A.Simpulan ............................................................................................................................ 14
B.Saran .................................................................................................................................... 14
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Hadirnya
suatu karya sastra tentunya agar dinikmati oleh para pembaca. Untuk dapat
menikmati sebuah karya sastra secara baik diperlukan seperangkat pengetahuan
akan karya sastra. Tanpa pengetahuan yang cukup penikmatan akan sebuah karya
sastra hanya bersifat dangkal dan sepintas karena kurangnya pemahaman yang
tepat.
Dalam dunia
fiksi kadang ada sesuatu yang tidak dapat diterima oleh akal sehat, karena
seorang pengarang menggunakan imajinasinya untuk diwujudkan dalam karya sastra.
Dari sinilah dapat disimpulkan bahwa karya sastra merupakan sebuah bentukan
dari proses imajinatif pengarang dalam mengapresiasi untuk menjadi sesuatu yang
estetik.
Dikalangan
remaja karya satra yang paling diminati biasanya karya sastra berbentuk prosa
terutama novel. Novel merupakan karya prosa fiksi yang ditulis secara naratif
(dalam bentuk cerita). Kata novel berasal dari bahasa Italia “novella” yang berarti sebuah kisah atau sepotong berita. Selain dari
bahasa Italia novel juga berasal dari bahasa Latin yaitu “novellus” yang diturunkandari kata “novies” yang berarti
baru (Tarigan, 1984 : 164).
Jadi, dapat
disimpulkan bahwa novel adalah karya imajinatif yang mengisahkan sisi utuh
problematika kehidupan seseorang atau beberapa orang tokoh. Novel menceritakan
suatu kejadan luar biasa dari kehidupan tokoh. Dikatakan luar biasa karena dari
kejadian itu, lahir suatu konflik yang menimbulkan pergolakan jiwa para
tokohnya sehingga mengubah jalan hidupnya.
Dalam
membaca novel, agar pembaca dapat menikmati dan memahami isi dan jalan cerita
di dalamnya diperlukan pengetahuan mengenai unsur-unsur yang terkandung dalam
sebuah novel yang sering disebut dengan unsur intrinsik. Unsur intrinsik
tersebut meliputi tema, tokoh, alur, setting, sudut pandang, dan amanat. Dengan
begitu, pembaca akan lebih mudah menangkap maksud dan makna yang ingin
disampaikan oleh pengarang.
Oleh sebab
itu, jika pembaca dapmemahami dengan tepat unsur intrinsik dari sebuah novel
yang dibaca, maka pembaca dapat menikmati novel tersebut dengan baik karena
pembaca telah mengerti makna dan jalan cerita pada sebuah novel yang dibaca.
B.Identifikasi
masalah
Berdasarkan latar belakang masalah
diatas maka masalah masalah yang akan diidentifikasi adalah kajian unsur
instrinsik masalah.
C.
Pembatasan Masalah
Bertolak
dari ruang lingkup masalah di atas, maka penulisan makalah dengan judul “Analisis Unsur Intrinsik Novel Sang
Penguji Hati” perlu dibatasi supaya hasil
penulisan memberikan informasi dan hasil yang tepat. Masalah yang dibahas sebagai
berikut :
Menganalisis
unsur intrinsik pada novel Bercinta Dalam Tahajudku terutama pada tema, tokoh,
alur, setting, sudut pandang dan amanat.
D.Rumusan
Masalah
Berdasarkan
pembatasan masalah di atas dapat dirumuskan beberapa masalah berikut :
1. Apakah
tema dari novel Sang Penguji Hati?
2. Siapakah
tokoh yang berperan dalam novel Sang penguji hati ?
3.
Bagaimanakah alur peristiwa dalam novel Sang penguji hati ?
4. Setting
apakah yang terdapat pada novel Sang penguji hati ?
5.Sudut
pandang apakah yang digunakan pengarang pada novel Sang penguji hati?
6. Amanat
apakah yang terkandung pada novel Sang penguji hati ?
E. Tujuan
Penulisan
1. Tujuan Umum
Secara umum
penulisan makalah bertujuan mendiskripsikan tentang judul “Analisis Unsur Intrinsik Novel Sang Penguji Hati”.
2.
Tujuan Khusus
Berdasarkan
tujuan di atas dapat dirumuskan tujuan khusus pada judul “Analisis Unsur Intrinsik Novel Sang
penguji hati ” adalah untuk :
1.Memperoleh
deskripsi tentang tema dari novel Sang penguji hati.
2. Memperoleh
deskripsi tentang tokoh yang berperan dalam novel Sang penguji hati.
3.Memperoleh
deskripsi tentang alur peristiwa dalam novel Sang penguji hati.
4.
Memperoleh deskripsi tentang setting yang terdapat pada novel Sang penguji
hati.
5.Memperoleh
deskripsi tentang sudut pandang pada novel Sang penguji hati.
6.
Memperoleh deskripsi tentang amanat yang terkandung dalam novel Sang penguji
hati.
F.Manfaat
G.
Sistematika Pembahasan
Makalah ini
terdiri dari 4 bab, meliputi :
·
Bab I Pendahuluan
·
Bab II Landasan Teoretis
·
Bab III Hasil dan Pembahasan
·
Bab IV Penutup
Bab II
Landasan Teoretis
A.Novel
Dari sekian banyak bentuk sastra seperti esei,
puisi, novel, cerita pendek, drama, bentuk novel, cerita pendeklah yang paling
banyak dibaca oleh para pembaca. Karya-karya modern klasik dalam kesusasteraan,
kebanyakan juga berisi karya-karya novel.
Novel
merupakan bentuk karya sastra yang paling popular di dunia. Bentuk sastra ini
paling banyak beredar, lantaran daya komunikasinya yang luas pada masyarakat.
Sebagai bahan bacaan, novel dapat dibagi menjadi dua golongan yaitu karya
serius dan karya hiburan. Pendapat demikian memang benar tapi juga ada
kelanjutannya. Yakni bahwa tidak semua yang mampu memberikan hiburan bisa
disebut sebagai karya sastra serius. Sebuah novel serius bukan saja dituntut
agar dia merupakan karya yang indah, menarik dan dengan demikian juga
memberikan hiburan pada kita. Tetapi ia juga dituntut lebih dari itu. Novel
adalah novel syarat utamanya adalah bawa ia mesti menarik, menghibur dan
mendatangkan rasa puas setelah orang habis membacanya.
Novel yang
baik dibaca untuk penyempurnaan diri. Novel yang baik adalah novel yang isinya
dapat memanusiakan para pembacanya. Sebaliknya novel hiburan hanya dibaca untuk
kepentingan santai belaka. Yang penting memberikan keasyikan pada pembacanya
untuk menyelesaikannya. Tradisi novel hiburan terikat dengan pola-pola. Dengan
demikian dapat dikatakan bahwa novel serius punya fungsi social, sedang novel
hiburan cuma berfungsi personal. Novel berfungsi social lantaran novel yang
baik ikut membina orang tua masyarakat menjadi manusia. Sedang novel hiburan
tidak memperdulikan apakah cerita yang dihidangkan tidak membina manusia atau
tidak, yang penting adalah bahwa novel memikat dan orang mau cepat-cepat membacanya.
Banyak
sastrawan yang memberikan yang memberikan batasan atau definisi novel. Batasan
atau definisi yang mereka berikan berbeda-beda karena sudut pandang yang mereka
pergunakan juga berbeda-beda. Definisi-definisi itu antara lain adalah sebagai
berikut:
1.Novel
adalah bentuk sastra yang paling popular di dunia. Bentuk sastra ini paling
banyak dicetak dan paling banyak beredar, lantaran daya komunitasnya yang luas
pada masyarakat.
2.Novel
adalah bentuk karya sastra yang di dalamnya terdapat nilai-nilai budaya social,
moral, dan pendidikan.
3.Novel
merupakan karya sastra yang mempunyai dua unsur, yaitu : unsur intrinsik dan
unsur ekstrinsik yang kedua saling berhubungan karena sangat berpengaruh dalam
kehadiran sebuah karya sastra.
4.Novel
adalah karya sastra yang berbentuk prosa yang mempunyai unsur-unsur intrinsik.
B. Unsur
Intrinsik
Unsur
Intrinsik ini terdiri dari :
a. Tema
Tema
merupakan ide pokok atau permasalahan utama yang mendasari jalan cerita novel.
b. Setting
Setting
merupakan latar belakang yang membantu kejelasan jalan cerita, setting ini
meliputi waktu, tempat, sosial budaya.
c. Sudut
Pandang
Menurut
Harry Show (1972 : 293) sudut pandang dibagi menjadi 3 yaitu :
1) Pengarang
menggunakan sudut pandang took dan kata ganti orang pertama, mengisahkan apa
yang terjadi dengan dirinya dan mengungkapkan perasaannya sendiri dengan
kata-katanya sendiri.
2) Pengarang
mengunakan sudut pandang tokoh bawahan, ia lebih banyak mengamati dari luar
daripada terlihat di dalam cerita pengarang biasanya menggunakan kata ganti
orang ketiga.
3) Pengarang
menggunakan sudut pandang impersonal, ia sama sekali berdiri di luar cerita, ia
serba melihat, serba mendengar, serba tahu. Ia melihat sampai ke dalam pikiran
tokoh dan mampu mengisahkan rahasia batin yang paling dalam dari tokoh.
d. Alur /
Plot
Alur/plot
merupakan rangkaian peristiwa dalam novel. Alur dibedakan menjadi 2 bagian,
yaitu alur maju (progresif) yaitu apabila peristwa bergerak secara bertahap
berdasarkan urutan kronologis menuju alur cerita. Sedangkan alur mundur (flash
back progresif) yaitu terjadi ada kaitannya denganperistiwa yang sedang
berlangsung.
e. Penokohan
Penokohan
menggambarkan karakter untuk pelaku. Pelaku bisa diketahu karakternya dari cara
bertindak, ciri fisik, lingkungan tempat tinggal.
f. Gaya
Bahasa
Merupakan
gaya yang dominan dalam sebuah novel.
Bab III
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.Sinopsis
Novel Sang Penguji Hati.
Namanya
Kinsya, seorang gadis cantik yang kuliah di universitas terkemuka di Malang.Dia
mempunyai sahabat yang bernama saida.Kinsya tinggal di sebuah kos bersama tiga
temannya.Pada suatu hari Kinsya pergi ke perpustakaan untuk meminjam buku dan
bertemu dengan gilbran seorang cowok yang tampan.pada saat ii tu Kinsya
bertabrakan di perpustakaan saat membawa banyak buku.Gilbran menolong Kinsya
dan membawakan kardus untuk tempat bukunya.Di sisi lain,sahabat Kinsya yaitu
saida menyukai cowok yang sama yaitu gilbran.Ketika takdir seolah menguji
perasaan, cukup kuat usaha Kinsya untuk bertahan. Berusaha. Salah satu
ginjalnya ia donorkan untuk Gilbran. Di sisi lain, ia harus ikhlas, mengalah
karena sahabatnya, Saida, juga mencintai Gilbran. Hingga suatu masa, kematian
orang yang ia sayang tak dapat ia tawar kembali. Namun, jalan lain menantinya
untuk dilalui.
Kadang,
Tuhan tak memberi persimpangan hanya untuk memberi hal terbaik setelah jalan
terjal terlewati. Ini tentang Kinsya, seorang wanita yang tengah menanti
kesiapan batin untuk menutup seluruh auratnya.
B.UNSUR
INSTRINSIK NOVEL
1.Tema : Kisah cinta,persahabatan dan kisah seorang
remaja yang tengah menanti kesiapan batin untuk menutup auratnya.
Bukti : •Dia sangat mencintaimu sampai detik
napas terakhir.Dulu waktu di kampus,
kami sering bertemu di perpustakaan.
•Pada suatu hari saisa menyukai
gilbran, dan Kinsya mengalah untuk sahabatnya.
2.Latar
tempat
:Perpustakaan,universitas,masjid al-fatah.
Bukti : •Di pagi yang cerah ini, terlihat kerumunan para mahasiswa
memenuhi ruang perpustakaan.
•Mereka beranjak pergi meninggalkan
perpustakaan dan berjalan menuju masjid al fatah.
3.Latar
waktu : Pagi hingga malam.
Bukti : •Di pagi yang cerah hari ini, terlihat
para siswa memenuhi ruang perpustakaan.
•Pukul 19.40 Wib.Kholifah dan Faiz
baru tiba membawa banyak barang belanjaan dengan wajah kelelahan.
4.Latar
suasana : Menyenangkan, mengharukan,
menegangkan, sedih, bahagia.
5.Alur : Novel ini menggunakan
alur maju mundur artinya dalam cerita terjadi flashback ke masa lalu dan
kejadian yang akan datang.
6. Gaya
bahasa : Menggunakan bahasa sehari-hari sehingga
mudah dipahami oleh pembacanya.
7.
Amanat : Cinta tidak butuh
kesempurnaan, akan tetapi mencintai lah sesorang dengan kekurangannya yang
seutuhnya.
8.
Penokohan :
· Kinsya (wanita cantik, sholehah,
cewek yang lugu, sabar, dan menerima takdir yang menguji perasaannya)
·Saida ( Wanita berparas manis,
berjilbab, percaya diri, sholehah)
· Gilbran (Cowok ganteng, memiliki
suara yang sangat merdu, cowok populer)
. Ibnu ( Seorang dosen, ganteng, baik, tidak egois)
· Kholifah ( Cewek feminim, baik, suka
memberi masukan)
·Faiz ( Cewek gendut, cerewet, usil)
. Umi zahra
( Baik, perhatian)
KELEBIHAN
NOVEL
Novel ini
menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti. Menceritakan perjalan
remaja-remaja sekaligus kisah cintanya, maupun impiannya sehingga sangat
menarik.
KEKURANGAN
NOVEL
Permasalahan
atau klimaks pada novel kurang menegangkan sehingga feels nya kurang dirasakan.
Bab IV
PENUTUP
A.SIMPULAN
Berdasarkan
pembahasan-pembahasan yang telah penulis uraikan pada bab-bab sebelumnya,
penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :
Novel
merupakan karya prosa fiksi yang ditulis secara naratif (dalam bentuk cerita)
yang memiliki unsur instrinsik yang
dapat mendukung sebuah novel. Unsur instrinsik itu meliputi tema, tokoh, alur,
setting, sudut pandang, dan amanat. Dalam novel ini kita dapat mengambil
khikmanya bahwa Cinta itu bukanlah segalanya, cinta itu bukan yang menentukan
masa depan kita. Akan ada masanya dimana cinta yang sesungguhnya akan hadir,
dan cinta itulah yang akan membawa masa depan yang indah.
B.SARAN
Dengan
tersusunnya makalah ini penulis menyarankan agar pembaca pada umumnya dapat
mengetahui dan memahami tentang macam-macam unsur instrisik dalam sebuah novel
maupun karya sastra lainnya.
Selain itu,
disarankan agar para pembaca untuk
menelaah apa yang ada disekitarnya untuk mempertajam fikiran, salah satu
caranya adalah dengan menelaah karya satra yang banyak akan nilai kemanusiaan
dan kehidupan.
Setelah para
pembaca menelaah karya sastra, hendaknya
para pembaca mampu menyebutkan satu-persatu unsur instrinsik yang terkandung
dalam sebuah karya sastra, yang meliputi tema, tokoh, alur, setting, sudut
pandang, dan amanat. Dengan begitu siswa-siswi mampu memahami jalan cerita di
dalamnya serta mampu menceritakan kembali cerita yang dibaca. Dan juga,
disarankan kepada pembaca pada umumnya
mampu memahami dan menangkap nilai-nilai kehidupan pada sebuah karya
sastra yang dibaca sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Akhirnya
penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu
penulis menerima setiap kritik dan saran yang membangun dari para pembaca yang
dapatmemperbaiki dan menyempurnakan makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
Anwar,
M.Shoim. 2012. Sejarah Sastra Indonesia. Sidoarjo : Media Ilmu
Departemen
Pendidikan Nasional. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta
: PT Gramedia Pustaka Utama
Honiatri,
Euis dan E. Kosasih. 2013. Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung : CV.
Pustaka Setia
Tjahjono
Tengsoe, Liberatus. 1988. Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi. NTT :
Nusa Indah
Situs :
(http://mengerjakantugas.blogspot.com/2011/02/apresiasi-sastra-berarti-penghargaan.html?m=1)/div>
(http://sheltercloud.blogspot.com/2009/11/pengertian-dan-fungsi-sastra.html?m=1)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar